Sabtu, 15 Oktober 2016





 KOPI SULTRA

"Salam hangat tetap semangat boy...!!! kali ini perkenalan mengenai KOPIKU, maaf bukan KOPIKO ea...cess,!!!" walaupun namanya KOPI tapi bukan minuman seduh, justru di KOPI ini adalah suatu hal yang menarik kita ketahui,oleh karna itu saya berinisiatif mempublikasikannya lewat blog,sudah seharusnya sifat seorang traveller berbagi informasi.

1.      Apa itu KOPI ?
KOPI bukanlah minuman atau merek makanan yang biasa kita lihat dikios-kios,melainkan  suatu kumpulan/komunitas manusia yang memiliki kebiasaan atau hobi, serta senang dengan suasana pesona pantai Indonesia. Kata KOPI merupakan singkatan dari Komunitas Orang Pantai Indonesia (KOPI).
Di Kopi ini kami  menawarkan 5 rasa yang bertujuan memberikan dampak positif terhadap orang lain,lingkungan serta manusia itu secara pribadi.
5  rasa yang dimiliki kopi ialah:
1.      Rasa kecintaan,
2.      Rasa kebersamaan,
3.      Rasa kesamaan,
4.      Rasa kehangatan,
5.      Rasa keindahan,
Ini merupakan bentuk rasa KOPI yang masing-masing memiliki makna dalam hidup manusia itu sendiri.
 Rasa kecintaan, mempunyai makna bahwa tidak ada henti-hentinya kita memanjatkan puji syukur kepda  Tuhan Sang Maha Pencipta Alam Beserta isinya.  serta rasa kecintaan kita kepada sesama manusia,lingkungan dan manusia kepada Tuhannya.

Rasa kebersamaan,ini merupakan salah satu proses menuju sila ketiga Indonesia, ada banyak hal yang bisa menyatukan rasa kesatuan itu yang saat ini mulai mereda,maka perlahan-lahan adanya perubahan mendset berpikir serta terus memupuk tali persaudaraan sesama manusia. Katakanlah teman-teman KOPI membuat atau melakukan kegiatan-kegiatan tracking ke daerah pulau-pulau yang identik dengan panorama pantai serta mampuh bekerja sama kepada Masyarakat,Pemerintah,LSM dll, dalam melaksanankan kegiatan yang bertujuan tentanng pengendalian lingkungan kawasan pantai.

Kemudian rasa Kesamaan, secara Religius bahwasanya manusia itu sama dihadapan Tuhan  apa pun jabatan mu di dunia,sekuat apapun tenagamu, sekaya apa pun diri kita tetap sama dihadapan Tuhan justru perbuatan amal baiklah yang menjadi bekal nantinya. tidak terlepas konsep kesamaan dengan kebiasaan seseorang ataupun hobi manusia memilki hal yang sama, dalam artian mencintai serta senang dengan kehidupan alam bebas yaitu para pecinta pesona pantai-pantai Indonesia.

Selanjutnya rasa kehangatan ,ini salah satu rasa penekanan atau sifat yang dimilki anggota KOPI  yang selalu memberikan rasa kedamaian,serta kesan yang takkan terlupakan oleh diri pribadi bahkan orang lain.
Yang terakhir rasa keindahan, sudah jelas  kelima rasa yang dimilki kopi ini mempunyai inti rasa yang mendasar yaitu bertujuan menciptakan kehidupan yang  harmonis,santai,serta berbagi kebahagiaan kepada keluarga,teman-teman  atau  bahkan orang lain sehingga hidup kita lebih indah.

Yang menjadi tujuan dari KOPI meliputi :
5  aspek Pengendalian kawasan pantai indonesia
1.      Penanaman mangrove,
Sangat jelas kita ketahui bahwa kawasan bakau atau mangrove sangat menberikan dampak pengendalian terkikisnya pantai oleh ombak yang dapat mengakibatkan abrasi pantai.

2.      Pelestarian lamun (sugrass)
Lamun merupakan salah satu tumbuhan laut yang biasa disebut rumput laut yang dapat mencegah terjdinya abrasi pantai

3.      Pelestarian terumbu karang
Terumbu karang merupakan habitat hewan laut yang berada dilaut dalam kawasan tepian pantai yang dapat mengecilkan ukuran ombak besar yang akan menerpa tepian pantai yang akhirnya mengakibatkan pengikisan pantai(abrasi pantai)

4.      Pembuatan tanggul pantai
Tanggul  merupakan pagar beton yang dipasang dikawasan pantai yang rawan dengan ombak besar ,ini  digunakan untuk pengendalian  kawasan pantai apa bila terjadinya gulungan ombak yang besar.

5.      Manusia
Manusia merupakan hal yang sangat penting terhadap pelestarian pantai. Peran manusia sebagai sipelaku atau yang melayani alam bebas dengan penuh rasa kecintaan dalam melestarikan serta menjaga keindahan pantai itu sendiri.

2.      Kenapa harus membuat KOPI ?
Banyak sekali organisasi-organisasi,LSM,komunitas dsbnya yang menawarkan konsep ide-ide yang cemerlang yang sangat membantu dalam kemajuan suatu negara.namun masih banyak masyarakat yang  belum paham tentang apa yang kita pahami saat ini menyangkut pengedalian kawasan pantai. Negara kita merupakan negara maritim dimana lautannya lebih luas daripada daratan, tak heran kalau Indonesia memiliki garis pantai 81.000 km serta kawasan pantai yang tak kalah indahnya dengan negara lain. apa lagi saat ini pemerintah  Indonesia telah memprioritaskan kemaritiman melalui program unggulan pemerintah. Inilah yang menjadi faktor pendukung dalam pencapaian kemajuan negara tak terlepas dengan apa yang menjadi  tujuan KOPI yang ingin  selalu berjalan seiring dengan pemerintah yang mengedepankan kepedulian terhadap pengendalian lingkungan kawasan pantai.

3.      Apa syarat menjadi anggota KOPI ?
Keanggotaan KOPI terdiri dari orang-orang yang sangat peduli serta mencintai alam bebas khususnya kawasan pantai.
a.      KOPI membawa kesan hangat
KOPI adalah komunitas yang dibuat oleh para anak-anak pantai Indonesia yang menjadikan kawasan pantai sebagai surga nyata yang ada didunia.inilah cara sadar lingkungan KOPI sebagai wadah yang melestarikan alam ini lebih hidup agar hidup ini lebih merasakan betapa indahnya hidup
b.      KOPI ala anak pantai
KOPI adalah komunitas yang dikelola oleh orang-orang berusia di bawah 40 tahun.dalam praktiknya,kenggotaan KOPI yang sudah bergabung rata-rata berusia 18 tahun keatas.inilah cara bagaimana anak pantai Indonesia memberikan kesempatan generasi anak-anak pantai  Indonesia untuk terlibat secara aktif dalam pengendalian lingkungan kawasan pantai Indonesia.
c.       KOPI sebagai media inklusif dan pluralis
KOPI adalah komunitas yang terbuka (inklusif dan pluralis) bagi seluruh anak pantai Indonesia tanpa memandang latar belakang suku,agama dan ras mereka.
Spirit inklusivitas dan pluralitas KOPI juga terwujud dari pola rekruitmen anggota KOPI akan mengabdi dilembaga –lembaga yang melayani alam begitu iklas Serta kepedulian terhadap pelestarian kawasan pantai dengan mengedepankan rasa memiliki,kecintaan,serta rasa tanggung jawab.

d.      KOPI ramah lingkungan
KOPI merupakan komunitas yang berorientasi pengendalianlingkungan,dimana kebijakan pembangunan selalu dilandaskan kepada keberpihakan konservasi lingkungan kawasan pantai demi terwujudnya kehidupan yang nyaman dan indah.



  
4.      Apa visi dan misi KOPI ?

VISI KOMUNITAS ORANG PANTAI INDONESIA(KOPI)SULTRA

 mengembangkan orang-orang diwilayah pulau pesisir pantai untuk menjadi insan manusia yang lebih berakhlak mulia dan berperan aktif dalam memelihara alam beserta isinya, demi terciptanya manusia yang bersahabat dengan alam serta menjunjung tinggi nilai – nilai moral demi persatuan dan kesatuan untuk membangun karakteristik Komunitas yang berkualitas.

MISI KOPI SULTRA  
1. Meningkatkan solidaritas masyarakat  terhadap lingkungan sekitarnya dan menggunakan sumber alam sesuai kebutuhan-nya.
2. Membantu masyarakat bila terjadi bencana atau musibah dan Menyelenggarakan berbagai kegiatan pengabdian
    kepada Bangsa masyarakat
 3. Turut serta dalam usaha pelestarian alam dan lingkungan hidup.
 4. Membantu mewujudkan lingkungan hidup yang bersih dan sehat.
 5. Menyebarkan kebaikan lewat kegiatan-kegiatan sosial.

5.      Apa makna logo KOPI ?
KOPI berlambangkan cangkir kopi (gelas) biru laut dengan gambar bintang berwarna orens(jingga) kemudian didalamnya ada lingkaran yang bergambar pemandangan pantai berupa pohon kelapa hijau,pasir putih dan laut berwarna biru laut dengan pita berwarna biru tua bertuliskan Komunitas Orang Pantai Indonesia
Arti lambang KOPI sebagai berikut :
1.           Gambar cangkir kopi (gelas) berwarna biru laut melambangkanwadah/tempat orang-orang pantai yang memiliki kesamaan, rasa persaudaraan,kehangatan serta rasa memelihara alam dan menikmati keindahan pantai.
2.         Gambar Bintangberwarnajingga melambangkan5 rasa yang dimiliki KOPI serta rasa kecintaandan rasa syukur kepadaTuhan Sang Maha Pencipta Alam Semesta
3.         .Bentuk lingkaran dalam bintang yangbergambarkan pemandangan pantai melambangkan kawasan pantai Indonesia yang  begitu indah dan sangat eksotis
4.         Satu pohon kelapa berwarna hijau melambangankan negara Indonesia merupakan satu-satunya negara yang pesona alam pantainya masih begitu eksotis
5.       Tulisan Komunitas Orang Pantai Indonesia berwarna hitam, melambangkan kesetiaan,kesopanan,kepedulian serta adanya rasa tanggung jawab.
6.     gambar pita berwarna biru (tempat penulisan kata KOPI) melambangkan latar belakang menujukkan bahwa KOPI itu selalu mempertahankan dan menjaga Identitas Indonesia sebagai Negara kepulauan (  NEGARA MARITIM )
6.      Apa Yang Menjadi Prinsip KOPI ?
Ini merupakan hal yang sangat penting hanya dengan prinsip komunitas yang baik, maka sebuah komunitas akan mendapatakan respon serta dukungan yang besar. KOPI menyimpan 5 prinsip dasar
1.      Membuat
Merupakan action serta bentuk kreatifitas yang selalu dituangkan di dalam KOPI itu sendiri sehingga mampuh menjadikan suatu kawasan pantai Indonesia menjadi icon terpenting untuk negara sebagai objek wisata pantai terindah di dunia
2.      Memelihara,
tak cukup dengan menjadi pecinta atau penikmat saja dengan ketersediaan pemandangan alam yang telah ada, perlu kita ketahui pesona alam pantai yang telah diberikan untuk Indonesia merupakan kebudayaan luhur yang perlu kita rawat dengan penuh rasa kasih sayang yang  tulus serta rasa iklas  sehingga negara kita tercinta mampuh berdiri tegak dan berjalan maju dengan IDENTITAS yang melekat selamanya
3.      Menjaga,
KOPI merupakan kumpulan anak pantai yang mencintai dunia pantai,ibaratnya pantai adalah rumah kami,daerah kami serta tempat yang istimewah buat kami tak akan ada satu orang pun yang tidak akan marah apa bila rumah,serta daerah yang kita anggap  istimewah diganggu atau dirusak oleh tangan-tangan orang yang tak bertanggung jawab,dan orang-orang mengedepankan keuntungan pribadi dengan mengorbankan hak-hak orang lain ,memisahkan mereka dengan lingkungannya,memutuskan harapan-harapan indah yang lama dinikmati oleh masyarakat serta adanya unsur-unsur negatif yang mengakibatkan kawasan pantai Indonesia tercemar oleh limbah-limbah pembangunan gedung bertingkat ditiap-tiap pinggir kota,ini merupakan bentuk penjajahan dan penjajahan itu kita harus lawan dan kita hancurkan demi terciptanya rasa aman dan kesejahteraan negara
4.      Melestarikan
KOPI senantiasa berupaya serta berjuang dalam penataan kawasan pantai dengan berbagai cara yang bijak melalui kegiatan – kegiatan sosial seperti sadar lingkungan,serta bagaimana cara pengenadalian lingkungan kawasan pantai dengan baik  bahkan mampuh berkolaborasi dengan pemerintah berbasis pengendalian di dalam kegiatan , demi terciptanya kawasan pantai yang begitu indah sehingga kelak anak dan cucu kita masih merasakan apa yang kita rasakan saat ini.kalau saat ini masyarakat sadar akan lingkungan sudah jelas masyarakat akan tentram dan damai.
5.      Memberikan
Tuhan tak henti-hentinya memberikan pesona alam Indonesia yang begitu indah ,ini merupakan amanah yang sangat besar yang diberikan untuk Indonesia serta ujian bagaimana negara kita tidak mudah tergiur dengan dengan sanjungan –sanjungan negara lain yang akhirnya negara kita merasa sombong. hal yang patut kita lakukan sebagai warga negara Indonesia selalu berprinsip yang baik maka negara Indonesia akan tetap jaya. JAYA INDONESIAKUUU...!!!

Namun apa bila  ada pertanyaan seperti ini “Apa yang telah kita berikan untuk alam”?
kita ketahui alam tak henti-hentinya memberikan pesonanya begitu indah namun tak pernah menutut balasan apapun dari kita. Justru dengan pertanyaan diatas sangat memberikan kesadaran lingkungan ,oleh sebab itu lah KOPI mencoba menjawab pertanyaan ini dengan berbagai upaya kerja keras deangan penuh iklas melayani serta mengabdi kepada alam melalui konsep-konsep serta ide-ide yang berbasis pengendalian lingkungan kawasan pantai.

6.      Bagaimana Etika  Yang Dimilki Anggota KOPI?
Selain memperjuangkan nilai-nilai keindahan melalui jalur pengendalian lingkungan,KOPI juga menerapkan penekanan anggotanya untuk mempraktikkannilai-nilai keindahan dalam kehidupan sehari-hari.praktik etika public dalam kehidupan sehari-hari inilah yang akan membedakan anggota KOPI dengan anggota komunitas lainya.
KOPI bukan suatu komunitas yang berbesik keagamaan,namun menjunjung tinggi nilai-nilai agama untuk ditransfer menjadi etika public.
Selain berdasarkan nilai-nilai universal agama-agama sumber etika moral anggota KOPI juga berasal dari kearifan masyarakat lokal dan global.
Anggota KOPI tidak akan membuang sampah sembarangan dan memelihara fasilitas umum.
Anggota KOPI senantiasa memberikan kesan hangat dan damai dimanapun mereka berada,mudah beradaptasi dengan lingkungan,tidak memilah memilih pertemanan
Anggota KOPI Tetap bersifat santai,tidak terburu-buru dengan mengambil keputusan,sangat kreatif dalam menciptakan suatu karya.
Anggota KOPI mendahulukan kepentingan manula,anak-anak ibu hamil,penyandang disabilitas,dan kelompok rentan lainnya dalam mengakses fasilitas umum.

7.      Darimana Sumber Dana KOPI ?
KOPI sebagaimana namanya,Komunitas Orang Pantai Indonesia,dibuat dengan dana iuran anggota aktif dari seluruh anggota,dimana dana tersebut diatur melalu sebuah sistem kontribusi yang terbuka dan transparansi,baik pengumpulannya,maupun penggunaannya. KOPI juga berupaya menciptakan kemandirian dibidang wira usaha yang diistilahkan KOPI MANIS (Manajemen Bisnis ) berbasis ekonomi kreatif,serta ada beberapa donatur yang bekerja sama dalam pengendalian lingkungan,dan adanya donasi dari pihak luar yang tak mengikat secara kontrak politik.


 





                                                    

KOPI SULTRA

(KOMUNITAS ORANG PANTAI INDONESIA) SULTRA



 













Kendari,16 april 2016

Lampiran KegiatanPengendalianLingkungan Kawasan Pantai Bokori SULTRA

ket:gambar tracking  Tema“TAKE TREE”
                                                                                  
Ket:Gambar AnggotaKOPI SedangMengambil sampah-sampah dikawasanPantai Pulau Bokori,Sultra
(16 Maret 2016,Documentasi KOPI)





Ket:Tracking pantai Toronipa bersama ketua DPRD PROV.doc.1 Mei 2016.
Ket:Tracking Susur Pantai Wawonii,(divisi Susur Pantai)doc.3 Mei 2016.doc.KOPI_SULTRA














Tidak ada komentar:

Posting Komentar